Rencana Tindak Lanjut Hasil RTM Pembelajaran
Semester Genap 2022/2023
No. | Sumber | Temuan | Akar Masalah | Tindaklanjut | Status | Form Feedback |
1 | Laporan Monev Pembelajaran | RPS belum tervalidasi oleh tim dalam rumpun ilmu | Perubahan RPS format lama ke RPS OBE | RPS di validasi dan di tanda tangani tim rumpun Ilmu | Dalam Proses | |
2 |
| RPS belum disahkan oleh Koorprodi | Perubahan RPS format lama ke RPS OBE | RPS di tandatangani Ka Prodi | Dalam Proses | |
3 |
| Dosen belum memberikan penilaian tugas mahasiswa | Tugas belum selesai dikoreksi | Dosen memberikan penilaian tugas | Selesai | |
4 |
| Dosen belum mengembalikan tugas yang telah dinilai kepada mahasiswa | Tugas belum selesai dikoreksi | Dosen mengembalikan tugas dan dibuktikan dengan adanya Berita Acara pengembalian Tugas | Selesai | |
5 |
| Dosen belum Menyusun rubrik penilaian UTS dan UAS | Dosen belum memahami cara menyusun rubrik penilaian | Dosen Menyusun Rubrik UTS dan UAS | Selesai | |
6 |
| Hasil nilai UTS belum diumumkan Kembali kepada mahasiswa | UTS belum selesai dikoreksi | Dosen mengembalikan UTS dan dibuktikan dengan adanya Berita Acara pengembalian Tugas | Selesai | |
7 |
| Dosen belum mengunggah bahan ajar dan atau media pendukung | kurangnya kedisplinan dosen | Dosen mengungah bahan ajar pada media online | Selesai | |
8 |
| RPS OBE belum diunggah di SIAKADU | penyusunan RPS format obe belum selesai | Dosen mengungah RPS OBE | Selesai | |
9 |
| RPS belum memuat informasi tentang bahan ajar yang mutakhir (disarankan maksimal 10 tahun terakhir) dan dari hasil penelitian dan pengabdian kepada masyarakat | Belum melakukan update sumber belajar di RPS | Update referensi pada RPS | Dalam Proses | |
10 |
| Dosen belum memiliki bahan ajar berupa handout, power point, diktat, modul atau buku ajar yang ditulis oleh dosen pengampu | Belum melakukan pengembangan penyusunan bahan ajar | Dosen membuat bahan ajar sesuai dengan kebutuhan matakuliah | Dalam Proses | |
11 |
| Dosen belum memberikan penilaian atas partisipasi (kehadiran, keaktifan dan perilaku) mahasiswa dalam pembelajaran | Masih dalam proses catatan kecil belum melakukan perekapan | Dosen membuat penilaian partisipasi | Selesai | |
12 |
| RPS untuk kelas internasional belum menggunakan dua bahasa/bilingual | belum mentranslet ke bahasa inggris | RPS menggunakan dua bahasa | Dalam Proses | |
13 |
| Materi tidak sesuai RPS | pertemuan pengganti dan ketidakdisiplinan dosen untuk mematuhi RPS | Dosen menyesuaikan materi perkuliahan dengan pertemuan perkuliahan | Dalam Proses |
Rencana Tindak Lanjut Hasil RTM Pembelajaran
Semester Ganjil 2023/2024
No. | Sumber | Temuan | Akar Masalah | Tindaklanjut | Status | Form Feedback |
1 | Laporan Monev Pembelajaran | 1. Dosen belum menyusun rubrik penilaian UTS | RPS telah tersistem dengan validasi digital | Menyusun rubrik UTS | Dalam Proses | |
2 |
| 1. Dosen belum menetapkan teknis pelaksanaan daring menunjukkan chatting/FGD (platform) 2. Hasil nilai UTS belum diumumkan kembali kepada mahasiswa | Belum selesai pengoreksian | Menggunakan grup WA untuk mengumumkan pembelajaran dan Menggunakan grup WA untuk mengumumkan hasil UTS | Selesai | |
3 |
| Hasil nilai UTS belum diumumkan kembali kepada mahasiswa (bukti belum ada) | Belum selesai pengoreksian | Melakukan evaluasi dan sosialisasi kepada dosen S2 Manajemen supaya mengumumkan hasil penilaian kepada mahasiswa | Dalam Proses | |
4 |
| Kelas Reguler: 1. RPS belum memuat informasi tentang bahan ajar yang mutakhir 2. Dosen tidak memiliki bahan ajar berupa hand - out, power poin slide, diklat, modul atau buku ajar yang ditulis oleh dosen pengampu 3. Dosen belum memberikan penilaian atas partisipasi 4. Hasil UTS belum diserahkan kepada mahasiswa
Kelas Internasional 1. Dosen belum menyerahkan kontrak belajar kepada mahasiswa 2. Dosen hanya menggunakan bahasa inggris 10 - 20% | Kelas Reguler: 1. beum dilakukan update RPS 2. Belum lengkapnya bahan ajar berupa hand - out, power poin slide, diklat, modul atau buku ajar yang ditulis oleh dosen pengampu 3. Masih dalam bentuk catatan 4. Belum selesai mengoreksi UTS
Kelas Internasional 1. kurang tertibnya administrasi 2. Dosen perlu mengikuti pelatihan bahasa inggris | Kelas Reguler: 1. Melengkapi RPS yang memuat informasi tentang bahan ajar yang mutakhir 2. Dosen melengkapi bahan ajar berupa hand - out, power poin slide, diklat, modul atau buku ajar yang ditulis oleh dosen pengampu 3. Memberikan penilaian atas partisipasi 4. Menyerahkan Hasil UTS kepada mahasiswa
Kelas Internasional 1. Dosen menyerahkan kontrak belajar kepada mahasiswa 2. Memberikan Pelatihan bhs inggris kepada dosen | Dalam Proses | |
5 |
| 1. Pada kelas reguler hasil UTS belum diserahkan kembali kepada mahasiswa 2. Pada kelas internasional dosen menggunakan bahasa inggris 15% 3. Pada kelas internasional tugas belum disususn dengan menggunakan bahasa inggris | 1. Belum selesai mengoreksi 2. Kurangnya kemampuan berbahasa inggris 3. Ketidaktelitian dosen dalam menyusun tugas | 1. Close 2. Surat Himbauan keada dosen ybs 3. Close | Dalam Proses | |
6 |
| 1. Dosen belum memberikan penilaian atas tugas yang diberikan kepada mahasiswa 2. Dosen belum mengembalikan tugas yang telah dinilai kepada mahasiswa 3. Hasil nilai UTS belum diumumkan kembali kepada mahasiswa 4. Dosen belum menyusun rubrik penilaian UTS dan UAS 5. Tugas dan soal ujian belum disusun dengan menggunakan bahasa Inggris | 1. Belum selesai mengoreksi 2. Belum selesai mengoreksi 3. Belum selesai mengoreksi 4. Kurang disiplinnya dosen dalam menyusn soal UTS UAS 5. Ketidaktelitian UPM dalam memvalidasi tugas dan soal | 1. Memberikan penilaian atas tugas yang diberikan kepada mahasiswa 2. Mengembalikan tugas yang telah dinilai kepada mahasiswa 3. Mengembalikan Hasil UTS kepada mahasiswa 4. Dosen menyusun rubrik penilaian UTS dan UAS 5. Menyusun Tugas dan soal ujian dengan menggunakan bahasa Inggris | Dalam Proses | |
7 |
| 1. Pada kelas internasional dosen menggunakan bahasa Inggris 50% | Kurangnya kemampuan dosen dalam berbahasa inggris | 1. Dosen menggunakan bahasa Inggris 50% 2. Membuat laporan monev | Dalam Proses | |
8 |
| Kelas Reguler 1. RPS belum dirancang dan dikembangkan oleh dosen secara mandiri/kelompok sesuai dengan perkembangan IPTEKS dengan model Team-based Project dan Case Method 2. RPS belum tervalidasi oleh tim rumpun ilmu 3. RPS yang telah dikembangkan telah disahkan oleh Koorprodi 4. RPS telah memuat capaian pembelajaran sesuai KKNI yang terdiri atas pengetahuan, sikap, keterampilan umum dan keterampilan khusus 5. Dosen belum mengembalikan tugas yang telah dinilai kepada mahasiswa. 6. Dosen belum menyusun rubrik penilaian UTS 7. Hasil nilai UTS dimumumkan kembali ke mahasiswa
Kelas Interbasional 1. Tugas dan soal ujian belum disusun dengan menggunakan Bahasa Inggris 2. Hasil UTS belum diserahkan kembali kepada mahasiswa 3. RPS belum menggunakan bilingual 4. Bahan Ajar belum menggunakan dua bahasa | Regular: 1. Dalam masa transisi penyusunan RPS format lama ke format OBE 2. tim rumpun belum disahkan fakultas 3. Dalam masa transisi penyusunan RPS format lama ke format OBE 4. Dalam masa transisi penyusunan RPS format lama ke format OBE 5. Belum selesai mengoreksi 6. Ketidakdisiplinan dosen dalam menyusun soal 7. Belum selesai mengoreksi
Internasional: 1. Ketidaktelitian UPM dalam mevalidasi soal 2. Belum selesai mengoreksi 3. Ketidakdisiplinan dosen dalam menyusun RPS 5. Ketidakdisiplinan dosen dalam menyusun bahan ajar | Kelas Reguler 1. Mengembangkan RPS yang dirancang dan dikembangkan oleh dosen secara mandiri/kelompok sesuai dengan perkembangan IPTEKS dengan model Team-based Project dan Case Method 2. Memvalidasi RPS oleh tim rumpun ilmu 3. RPS dikembangkan telah disahkan oleh Koorprodi 4. Mengembangkan RPS yang memuat capaian pembelajaran sesuai KKNI yang terdiri atas pengetahuan, sikap, keterampilan umum dan keterampilan khusus 5. Mengembalikan tugas yang telah dinilai kepada mahasiswa. 6. Menyusun rubrik penilaian UTS 7. Mengembalikan Hasil UTS dan dimumumkan kembali ke mahasiswa
Kelas Interbasional 1. Menyusun Tugas dan soal ujian dengan menggunakan Bahasa Inggris 2. Menyerahkan Hasil UTS kepada mahasiswa 3. Mengembangkan RPS bilingual 4. Mengembangkan Bahan Ajar dua bahasa | Dalam Proses | |
9 |
| 1. RPS belum tervalidasi rumpun ilmu 2. RPS belum memuat bahan ajar yang mutakhir 10 tahun terakhir dan dari hasil penelitian dan PKM 3. RPS belum menggunakan bilingual 4. Dosen belum memberikan penilaian atas partisipasi 5. Dosen belum memberikan penilaian atas tugas 6. Dosen belum mengembalikan tugas pada mahasiswa 7. Dosen belum menyusun Rubrik penilaian 8. Hasil UTS belum dikembalikan | 1. Tim rumpun belum terbentuk 2. Belum mengupdate RPS 3. Ketidakdisiplinan dosen dalam menyusun RPS 4. masih dalam bentuk catatan 5. masih dikoreksi 6. masih dikoreksi 7. Ketidakdisiplinan dosen 8. masih dikoreksi | 1. Memvalidasi RPS oleh tim rumpun ilmu 2. Merevisi RPS yang memuat bahan ajar yang mutakhir 10 tahun terakhir dan dari hasil penelitian dan PKM 3. Mengembangkan RPS menggunakan bilingual 4. Memberikan penilaian atas partisipasi 5. Memberikan penilaian atas tugas 6. Mengembalikan tugas pada mahasiswa 7. Menyusun Rubrik penilaian 8. Mengembalikan Hasil UTS | Dalam Proses | |
10 |
| Pengantar Ekonomi Mikro 1. Dosen belum mengembalikan tugas 2. Dosen belum memberikan penilaian atas tugas yang diberikan kepada mahasiswa 3. Dosen belum menyusun rubrik 4. Dosen belum menyerahkan UTS 5. Tugas dan Soal Ujian belum disusun dengan menggunakan Bahasa Inggris | 1. Belum selesai mengoreksi 2. Ketidakdisiplinan dosen dalam melakukan penilaian 3. Ketidakdisiplinan dosen dalam menyusun soal yang lengkap dengan rubrik penilaiannya 4. Belum selesai mengoreksi 5. Ketidaktelitian UPM dalam memvalidasi soal | Pengantar Ekonomi Mikro 1. mengembalikan tugas 2. memberikan penilaian atas tugas yang diberikan kepada mahasiswa 3. menyusun rubrik 4. menyerahkan hasil UTS 5. Menyusun Tugas dan Soal Ujian dengan menggunakan Bahasa Inggris 4. Membuat laporan pada intrumen dan BA matakuliah Ekonomi Internasional dan intrumen matakuliah Pengantar Bisnis | Dalam Proses | |
11 |
| 1. Belum ada rubrik penilaian UTS 2. Belum menyerahkan bukti penyerahan nilai UTS 3. Dosen belum memiliki bahan ajar 4. Dosen menggunakan bahasa inggris 10-15% 5. Hasil UTS belum diserahkan ke mahasiswa | 1. Ketidakdisiplinan dosen dalam menyusun soal yang lengkap dengan rubrik penilaiannya 2. Belum selesai mengoreksi 3. Dosen terlalu mengandalkan materi presentasi mahasiswa 4. Kurangnya kemampuan dosen dalam berbahasa inggris 5. Belum selesai mengoreksi | 1. Menyusun rubrik penilaian UTS 2. menyerahkan bukti penyerahan nilai UTS 3. Menyusun bahan ajar 4. Menggunakan bahasa inggris 10-15% 5. Menyerahkan Hasil UTS ke mahasiswa | Dalam Proses |
Rencana Tindak Lanjut Hasil RTM Penelitian
Semester Genap 2022/2023
No. | Sumber | Temuan | Akar Masalah | Tindak lanjut | Status | Form Feedback |
1 | Laporan AMI Penelitian | 1. Belum ada evaluasi kesesuaian penelitian dosen dan mahasiswa dengan peta jalan 2. Belum ada bukti penggunaan hasil evaluasi untuk perbaikan relevansi penelitian 3. Program studi belum mempunyai dana dari penelitian dari sumber dana nasional sekurang-kurangnya 2 proposal dan sumber dana international 1 proposal | 1. Peralihan Pascasarjana ke Fakultas. | 1. Melakukan evaluasi kesesuaian penelitian dosen dan mahasiswa dengan peta jalan 2. Menyusun bukti penggunaan hasil evaluasi untuk perbaikan relevansi penelitian 3. Mengusulkan pendanaan penelitian DRTPM dan kolaborasi 2024 | Dalam Proses | https://forms.gle/PoWgytmFFSv2y4St7 |
2 | Laporan AMI Penelitin | 1. Belum pernah mendapatkan pendanaan penelitian kolaborasi dari Fakultas. | 1. Belum pernah mendapatkan pendanaan penelitian kolaborasi dari Fakultas. | Fakultas mencanangkan pendanaan tahun depan (2024) | Dalam Proses | https://forms.gle/PoWgytmFFSv2y4St7
|
Rencana Tindak Lanjut
Hasil RTM PKM
Semester Genap 2022/2023
No. | Sumber | Temuan | Akar Masalah | Tindaklanjut | Status | Form Feedback |
1 | Laporan AMI PKM | 1. Kurang dari 25% hasil PkM digunakan dalam pembelajaran 2. Belum adanya kegiatan pembelajaran dari hasil Kegiatan PkM dosen, tenaga pendidikan dan mahasiswa setidaknya sejumlah dosen pada tiga tahun | 1. Hasil PkM belum digunakan dalam pembelajaran. 2. Hasil PkM belum digunakan dalam pembelajaran | 1. Memasukkan hasil pkm dalam pembelajaran
2. Memasukkan hasil pkm ke dalam RPS mata kuliah | Dalam Proses | |
2 | Laporan AMI PKM | 1. Hasil PKM belum digunakan dalam pembelajaran industri yang sesuai dengan bidangnya 2. Belum adanya Adanya dokumen penggunaan sarana dan prasarana kegiatan PkM di prodi | 1. Tenaga Kependidikan tidak pernah terlibat dalam PKM prodi 2. Serta menunggu seminar hasil PKM untuk melanjutkan proses haki | 1 Memasukkan hasil pkm ke dalam RPS mata kuliah. 2 Memasukkan dokumen penggunaan sarpras | Dalam Proses |