01 Februari 2016
02:52:07 WIB

PKM merupakan salah satu upaya yang dilakukan Direktorat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (DITLITABMAS) Ditjen Dikti untuk meningkatkan mutu peserta didik (mahasiswa) di perguruan tinggi agar kelak dapat menjadi anggota masyarakat yang memiliki kemampuan akademis dan/atau profesional yang dapat menerapkan, mengembangkan dan meyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi dan/atau kesenian serta memperkaya budaya nasional. PKM dilaksanakan pertama kali pada tahun 2001, yaitu setelah dilaksanakannya program restrukturisasi di lingkungan Ditjen Dikti. Kegiatan pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang selama ini sarat dengan partisipasi aktif mahasiswa, diintegrasikan ke dalam satu wahana yaitu PKM.

PKM dikembangkan untuk mengantarkan mahasiswa mencapai taraf pencerahan kreativitas dan inovasi berlandaskan penguasaan sains dan teknologi serta keimanan yang tinggi. Dalam rangka mempersiapkan diri menjadi pemimpin yang cendekiawan, wirausahawan serta berjiwa mandiri dan arif, mahasiswa diberi peluang untuk mengimplementasikan kemampuan, keahlian, sikap tanggungjawab, membangun kerjasama tim maupun mengembangkan kemandirian melalui kegiatan yang kreatif dalam bidang ilmu yang ditekuni.

Pada awalnya, dikenal 5 (lima) jenis kegiatan yang ditawarkan dalam PKM, yaitu PKM-Penelitian (PKM-P), PKM-Kewirausahaan (PKM-K), PKM-Pengabdian kepada Masyarakat (PKM-M), PKM-Penerapan Teknologi (PKM-T) dan PKM-Penulisan Ilmiah (PKM-I). Sejak Januari 2009, DITLITABMAS mengelola 6 (enam) PKM. Kompetisi Karya Tulis Mahasis¬wa (KKTM) yang semula menjadi tugas Direktorat Akademik dalam pengelolaannya, dilimpahkan kepada DITLITABMAS. Karena sifatnya yang identik dengan PKM-I, KKTM selanjutnya dikelola bersama-sama PKM-I dalam PKM-Karya Tulis (PKM-KT). Dengan demikian, di dalam PKM-KT terkandung 2 (dua) program penulisan, yaitu: PKM-Artikel Ilmiah (PKM-AI) dan PKM-Gagasan Tertulis (PKM-GT). PKM-I atau selanjutnya disebut PKM-AI yang merupakan artikel hasil kegiatan, tidak lagi ditampilkan dalam PIMNAS, namun dimuarakan pada e-journal. Sedangkan PKM-GT yang berpeluang didiskusi¬kan dalam forum terbuka, diposisikan sebagai pengganti PKM-AI di PIMNAS.

Pada tahun 2011, jumlah bidang PKM bertambah menjadi 7 (tujuh) dengan terbitnya bidang PKM-KARSACIPTA. Uraian detilnya dapat disimak pada bagian Karakteristik Umum setiap Bidang PKM.

Program Kreativitas Mahasiswa dialokasikan di DITLITABMAS Ditjen Dikti bagi seluruh perguruan tinggi melalui penyediaan dana yang bersifat kompetitif, akuntabel dan transparan.

Fakultas Ekonomi yang mempunyai cita-cita menjadikan Mahasiswa - mahasiswa Fakultas Ekonomi unggul baik dalam bidang akademik maupun non-akademik melakukan fasilitasi terhadap hal tersebut khususnya dibidang penalaran yaitu Program Kreativitas Mahasiswa (PKM), Berikut adalah tautan seputar Bidang Penalaran Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Surabaya yang berisi segala informasi pendaftaran, pengumuman serta jadwal kegiatan yang berhubungan dengan Program Kreativitas Mahasiswa (PKM). www.p2kfe.blogspot.co.id

Berikut dapat diunduh rekapitulasi Prokgram Kreativitas Mahasiswa Artikel Ilmiah - Gagasan Tertulis & 5 Bidang periode 2010 - 2017 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Surabaya sebagai berikut:

>> Rekapitulasi PKM 2010 - 2017 FE UNESA <<

 

 

Bidang Kemahasiswaan FE Unesa

Artikel Terpopuler

Semangat Baja Kokohkan Wirausaha Muda
Surabaya - PKKMB (Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru)

Info Kampus Terpopuler

PENGUMUMAN Diberitahukan kepada seluruh mahasiswa Fakultas
Diberitahukan Kepada Mahasiswa Bidik Misi&nbsp;Angkatan