Selamat Hari Kartini Untuk Para Wanita di Seluruh Indonesia

Wanita Indonesia masa kini tentu sangat berbeda dengan wanita Indonesia masa lalu, Berkat jasa Ibu Kartini wanita Indonesia masa kini sudah banyak terlibat dalam kehidupan di dunia modern, baik di dunia bisnis, politik, bahkan pendidikan. Ketika perjuangan Kartini pada awalnya adalah memperjuangkan hak-hak wanita Jawa untuk mendapatkan pendidikan yang layak, saat ini justru pelaku dunia pendidikan sebagian besar adalah wanita. Setidaknya dapat kita lihat jumlah Guru Wanita di sekolah-sekolah di Indonesia, atau jumlah mahasiswa wanita bidang pendidikan yang saat sedang belajar di kampus-kampus ilmu pendidikan di Indonesia.

Kalau kita sempat berkeliling di kelas-kelas program studi ilmu pendidikan di Kampus-Kampus seperti Universitas Negeri Surabaya (Unesa) komposisi mahasiswanya didominasi oleh kaum hawa, jumlah mahasiswa laki-laki tidak lebih dari 15 persen di setiap kelasnya. Suatu saat nanti merekalah yang akan mewarnai pendidikan di Indonesia, menentukan arah pendidikan yang ingin dicapai.

Wanita Indonesia saat ini tidak hanya setara dengan kaum pria tetapi sudah menjadi tulang punggung pendidikan nusantara, baik di lembaga-lembaga sekolah formal maupun di lingkungan pendidikan keluarga. Semoga dengan kehadiran para wanita Super ini dapat merubah wajah Indonesia menjadi semakin cerah dan sejuk. Pada girlirannya nanti mampu meningkatkan akses wanita pada aset-aset kekayaan dan sumber daya, meningkatkan akses wanita pada sektor permodalan, perbankan dan lain sebagainya. Sayangnya, masih sebagian kecil wanita yang berhasil “eksis” dalam bidang ini. Masih banyak bidang yang masih dikuasai oleh kaum pria dan memandang sebelah mata kaum wanita.

Banyak pekerjaan yang masih harus dilakukan tentang bagaimana kita memandang seorang wanita. Dalam satu sisi kita harus memberikan peluang yang sama demi kesetaraan namun di sisi lain kita juga wajib menghormati kodrat wanita sebagai ibu dari setiap manusia. Masa depan bangsa ini tergantung bagaimana kita memandang dan memperlakukan wanita sebagai makhluk mulia. Pada Kartini – Kartini modern inilah Bangsa Indonesia Bergantung. Selamat Hari Kartini Pada Seluruh Wanita Indonesia…..