KOORDINASI PELAKSANAAN MICRO TEACHING

Sebagai upaya untuk terus meningkatkan kualitas lulusan Program Studi Pendidikan Ekonomi Unesa, dengan selalu berusaha memberikan yang terbaik bagi mahasiswa, dalam setiap kegiatan akan selalu dirancang secara serius termasuk kegiatan micro teaching tahun ini. Pada hari rabu 4 April 2018 dilakukan koordinasi pelaksanaan micro teaching di tingkat jurusan untuk menyamakan persepsi setiap dosen dan memberikan masukan demi pengembangan keterampilan pengajaran mahasiswa.

Micro teaching ini merupakan salah satu kegiatan yang sangat penting dalam pengembangan keterampilan pengajaran mahasiswa sebelum mereka turun ke lapangan untuk melakukan Program Pengelolaan Pembelajaran (PPP). Sehingga pelaksanaan PPP bisa berjalan optimal dan lebih bermanfaat bagi karir keguruan mahasiswa di masa yang akan datang.

Keterampilan verbal maupun non verbal dalam pembelajaran tidak bisa dipelajari tanpa adanya latihan. Keterampilan ini harus dikembangkan secara gradual dengan memperbanyak latihan langsung. Micro teaching adalah wahana yang tepat untuk menggembangkan keterampilan ini. Adanya feedback secara langsung dari dosen bisa menjadi masukan berarti bagi mahasiswa, selalu mendiskusikan dan merefleksi setiap fase pelaksanaan micro teaching akan meningkatkan keterampilan mahasiswa dalam mengevaluasi diri, membuat perencanaan serta memungkinkan membuat langkah-langkah kreatif dalam pengembangan pembelajarannya.

Setiap mahasiswa akan diberi kesempatan sebanyak-banyaknya untuk melakukan micro teaching ini ada minimal 8 kali pertemuan yang disediakan oleh masing-masing dosen pembimbing. Keterampilan pengembangan perangkat pembelajaran juga menjadi perhatian dalam program ini agar mahasiswa terbiasa dengan pembelajaran yang terstruktur sekaligus terukur.