GRETL, Aplikasi Ekonometri Gratis tapi handal

Gnu Regression, Econometrics dan Time-series Library (gretl) adalah paket perangkat lunak cross-platform untuk analisis ekonometrik. Aplikasi ini dapat digunakan sepenuhnya secara gratis. Seluruh fitur-fiturnya bebas digunakan oleh siapapun karena berlisensi publik berdasarkan GNU General Public License (GPL).

Perangkat lunak gretl ini bersifat open-source, artinya siapapun boleh mengembangkan perangkat ini bahkan ada semacam penghargaan bila ada yang membuat gretl ini menjadi lebih baik secara signifikan. Siapapun boleh mengembangkan, mendistribusikan dan atau memodifikasinya. Bahasa pemrograman yang dipakai adalah bahasa C.

Walaupun Gretl adalah perangkat lunak gratisan, namun fiturnya sangat lengkap dan sangat memadai untuk analisis ekonometrika. Untuk estimasi sudah disediakan berbagai macam alat estimator misalnya kuadrat terkecil (OLS), maximum likelihood, GMM; metode persamaan tunggal dan metode sistem. Untuk analisis data time series ada ARIMA, model GARCH, VAR dan VECM (termasuk VAR struktural), uji unit-root dan kointegrasi, filter Kalman, dan lain-lain. Sedangkan untuk model variabel dependen terbatas sudah disediakan logit, probit, tobit, regresi interval, dan masih banyak lagi. Model estimasi panelnya pun sangat lengkap termasuk variabel instrumental, probit dan model panel dinamis GMM.

Secara tampilan Gretl dirancang sangat intuitif dan mudah digunakan, bahkan serasa lebih familiar dari pada menggunakan eviews bagi pengguna baru. Bila anda tidak mempunyai lisensi perangkat lunak ekonometri yang berbayar seperti eviews atau stata, kami sangat menyarankan mahasiswa untuk menggunakan gretl dalam proses pembelajaran dan pemenuhan tugas-tugas perkuliahan termasuk skripsi atau tugas akhir.

Bila anda penasaran dan ingin mencobanya silahkan download programnya DI SINI untuk Windows dan DI SINI untuk OS X. Sedangkan manual programnya sebagai petunjuk awal penggunaan bisa anda download DI SINI.

Ada banyak data yang disediakan buat latihan anda silahkan menuju laman berikut untuk mendapatkan data-data tersebut. SELAMAT MENCOBA DAN BERKARYA