Semangat Baja Kokohkan Wirausaha Muda

12 Oktober 2016
04:57:50 WIB

Semangat Baja Kokohkan Wirausaha Muda

Surabaya—Pendidikan yang dianggap mampu mengurangi angka pengangguran di Indonesia, ternyata tidak sesuai dengan ekspektasi, teruama kalangan sarjana muda yang diluluskan dari perguruan tinggi setiap tahunnya diseluruh pelosok bangsa. Badan Pusat Statistik (BPS) dalam Viva.co.id melaporkan bahwa adanya peningkatan pengangguraan sarjana dari 5,34 % pada tahun 2015 menjadi 6,22 % ditahun 2016.

Problema ini tidak sesuai dengan sebutan sarjana “Agen Perubahan”. Untuk menangani hal ini Fakultas Ekonomi Unesa melakukan Pelatihan kewirausahaan Nasional. Pelatihan ini bertema “Menumbuh Kembangkan Jiwa Wirausaha, Demi Terciptanya Wirausaha Muda yang Kreatif dan inovatif, Untuk Menopang Perekonomian dimasa akan datang,”. Sabtu, (01/10)

Dr. H. Mufti Anam-CEO PT. Anam Capital, CEO PT. Zoe Otto, WKKT KADIN Jatim menjadi pemateri dalam pelatihan di di Auditorium G2 Fakultas Ekonomi Unesa.

Mufti menegaskan bahwa untuk menjadi seorang wirausaha harus memiliki 5 aspek dalam diri kita. “Untuk menjadi seorang wirausaha harus bisa mengambil peluang dari masalah yang ada, selain itu mereka juga harus mudah berkolaboratif, inovatif, mampu memberi ciri khas (nilai tambah), dan memiliki motivasi bisnis yang besar,”. Papar Mufti

            Mufti memberikan contoh pengalamannya dalam dunia bisnis, mulai dari masa dia sekolah SD, Ia sudah belajar mengumpulkan modal untuk jualan stiker dan es lilin, kemudian beranjak ke SMP, Mufti menjual baju, dan makanan ringan, sarung. Dan hingga akhirnya saat menjadi mahasiswa ia bersusah payah berbisnis yang seringkali gagal, Kendati ia menuai kesuksesan saat ini.

Mufti seorang pemilik PT Dokter Sarung yang sudah memasarkan produk sarung tenunnya ke Malaysia, Brunei Darussalam, Turki, Uni Emirat Arab, dan sebagainya. Mufti mengaku latarbelakang dari pesantren membuat dia menjadikan sarung sebagai media bisnisnya. Mufti telah mengaku telah melakukan kerjasama dengan sistem bagi hasil dengan ratusan penenun di Indonesia dalam produksi.

Mufti juga menjelaskan bahwa motivasi dalam bisnis sangat penting. Dalam hal ini setiap wirausaha sukses pasti meiliki motivasi berbisnis yang besar. “Kalau bisnis bangkrut, ya bangkit lagi, semasa kuliah saya dulu seringkali mengalaminya, bahkan tidak sedikit bisnis saya yang gagal semasa saya kuliah,” Tegasnya.

Entrepreneur bukan penjudi, melainkan orang yang berhitung dengan risiko, tantangan, dan solusi,” tutur Mufti saat memberikan kesempatan peserta bertanya kepadanya.

Dr. Susanti, M.Si dalam materinya juga membimbing peserta memulai membuat perencanaan bisnis berupa analisis SWOT dan juga konsep awal.

Sebelumnya Susanti menjelaskan bahwa seseorang wirausaha harus memiliti tekad dan niat kuat, memulai bisnis sedini mungkin, berkolaborasi dengan orang lain, dan mengokohkan semangat bisnisnya “Wirausaha itu  tekad dan niatnya kuat, tidak takut memulai bisnis, menjalin kerjasama dengan orang lain, dan mengokohkan motivasi yang bisa didapatkan dari diri sendiri maupun dari luar diri, seperti pengalaman pengusaha sukses, pelatihan ataupun komunitas pengusaha,” pungkasnya

Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) – Jawa Timur ikut serta dilibatkan dalam pelatihan ini. Edwin Hidayat-perwakilan dari HIPMI melakukan recruitment pada 124 Mahasiswa aktif yang hadir.

Syarat bergabung dengan HIPMI hanya satu,membayar registrasi yangmana uang tersebut 50% masuk ke kampus, dan 50% ke DPC, dan tentu dipergunakan untuk keperluan organisasi.

Dalam himpunan ini maka anggota akan diajari bagaimana membuat perencanaan bisnis, mengelola bisnis, dan belajar dari para ahli dan memperluas jaringan dalam bisnis,” tegasnya.

Dalam penangganan pengangguran memang perlu adanya kolaborasi antara akademisi, pakar, dan para ahli. Sehingga pelatihan yang diimbangi praktik ini dilakukan. Selain itu peran HIPMI sebagai wadah bagi para mahasiswa mempersiapkan diri terhadap masa depannya sangat membantu. (MHM)

Tag

Kemahasiswaan

    Artikel Terpopuler

    Semangat Baja Kokohkan Wirausaha Muda
    Surabaya - PKKMB (Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru)

    Info Kampus Terpopuler

    PENGUMUMAN Diberitahukan kepada seluruh mahasiswa Fakultas
    Diberitahukan Kepada Mahasiswa Bidik Misi Angkatan