Bincang Wirausaha Bersama CEO MNC Group

24 Oktober 2016
02:21:01 WIB

Surabaya—“Ekonomi Indonesia tumbuh sebesar 5%. Namun hal ini tidak diimbangi dengan kemudahan generasi bangsa menembus dunia kerja. Hal demikian adalah sebuah hasil pertumbuhan ekonomi yang didominasi konsumsi. Sehingga lapangan kerja menyempit. Pertumbuhan penduduk meningkat,” ungkap Hary Tanoesoedibjo-CEO MNC Group dalam kuliah umum, Kamis (20/10).

Sebelumnya, Problematika perekonomian Indonesia mengalami kemunduran disebabkan rasio pajak yang tidak seimbang dengan pendapatan domestik bruto.

Acara kuliah umum di Auditorium G2 Fakultas Ekonomi Unesa mengusung tema “kewirausahaan dan pembangunan ekonomi nasional” ini membuka wawasan kita terhadap persoalan bangsa. Selain persaingan mendapatkan posisi dalam pekerjaan yang tidak mudah, kemakmuran masyarakat Indonesia perlu peningkatan.

Menurut Hary,  Kemakmuran NKRI dapat dicapai dengan upaya menumbuhkan wirausaha di seluruh tanah air.

“Kemakmuran masyarakat NKRI dapat diraih, salah satu caranya adalah menumbuhkan wirausaha diseluruh tanah air dengan pendampingan pemerintah,” lanjut Hary Tanoesoedibjo

Selanjutnya, Dr. Ketut Prasetyo, M.S – Wakil Rektor 3 Unesa dalam sambutannya menjelaskan bahwa Mahasiswa mengemban amanah sebagai penerus bangsa. Hal ini mengharuskan mereka bersikap sigap dalam pembangunan bangsa dan permasalahannya, khususnya perekonomian dan hubungan dalam kancah MEA dan Dunia.

“Unesa membekali lulusannya dengan ketrampilan dan wawasan kewirausahaan, dua hal ini akan membawa manfaat setelah mereka menyelesaikan studi, bukan mencari kerja namun meniptakan lapangan kerja,” katanya

Memulai sebuah wirausaha harus mengetahui pangsa pasar dan segmentasinya. Sehingga dapat menentukan strategi dan memanfaatkan peluang usaha.

“Wirausaha harus mengerti masalah internal dan eksternal usahanya, khususnya segmentasi pasar dan pengelolaan usaha, kalau tidak mengerti, harus belajar sampai mengerti,” tutur Hary

Kunci keberhasilan usaha berada pada diri seorang wirausaha sendiri, CEO MNC Group yang kerap dipanggil HT ini menjabarkan kunci keberhasilan yang dimaksud yaitu kerja militan, ulet, mampu berinovasi dan bersaing.

“Kunci Kesuksesan adalah Kerja keras, upaya tiada batas, mampu berinovasi, dan yakin serta percaya diri menghadapi tantangan di kemudian hari,” lanjutnya

Drs. Eko Wahjudi, M.si – Dekan Fakultas Ekonomi menambahkan, Kuliah umum ini mempertemukan mahasiswa sebagai calon wirausaha dengan pakar yang ahli dalam konsep dan praktiknya, Sehingga acara ini mengolerasikan teori dalam perkuliahan dengan realita yang dihadapi pengusaha pada implementasinya.

“Kedepannya, Hary Tanoesoedibjo mewakili MNC Group dan fakultas ekonomi unesa berencana menjalin kerjasama dalam pengembangan jiwa mahasiswa, bentuk kerjasama akan dibahas dipertemuan selanjutnya,” ujar Eko Wahjudi

Dina Camelia-salah satu Mahasiswa penerima bantuan biaya pendidikan Fakultas Ekonomi Unesa berkomentar bahwa kuliah umum dengan narasumber pengusaha besar seperti ini sangat menginspirasi, pengalaman yang disampaikan lengkap dengan tips dan trik jitu untuk meraih kesuksesan patut diimplementasikan.

“Pertemuan kali ini akan membentuk dan mengokohkan paradigma mahasiswa dalam mengembangkan usahanya secara percaya diri, bijak dalam bersikap dan tidak henti-hentinya berupaya dan berinovasi, sehingga misi fakultas ekonomi dalam hal mengembangkan jiwa kewirausahaan tercapai,” Pungkas Dr. Anang Kistyanto, S.E, M.Si

Penutupan kuliah umum secara formal dengan pemberian vandel dari Fakultas kepada MNC Group dan pemberian bantuan biaya pendidikan MNC Group kepada 10 mahasiswa yang terpilih dari   Fakultas Ekonomi Unesa, sebagai penghargaan sekaligus motivasi untuk terus berkarya dan menjadi  tauladan bagi mahasiswa lainnya.—Muhammad Hasan Muzaki (MHM)

Tag

Kemahasiswaan

    Artikel Terpopuler

    Semangat Baja Kokohkan Wirausaha Muda
    Surabaya - PKKMB (Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru)

    Info Kampus Terpopuler

    PENGUMUMAN Diberitahukan kepada seluruh mahasiswa Fakultas
    Diberitahukan Kepada Mahasiswa Bidik Misi Angkatan