TAGS: 2018akuntansiamiauditaudit mutu internalfakultas ekonomijurusan akuntansisurabayaunesa

 

Jurusan Akuntansi berkomitmen terhadap mutu. Sejak tahun 2015, Fakultas Ekonomi telah menerima sertifikat ISO 9001:2008. Untuk mempertahankan mutu, selama dua kali dalam setahun dilakukan audit mutu internal (AMI). Pada tanggal 25 Januari 2018, Jurusan Akuntansi melaksanakan audit mutu internal untuk yang kelima. Hal-hal yang menjadi perhatian dalam ISO 9001:2008 di antaranya adalah sasaran mutu jurusan, kepuasan pelanggan, penanganan keluhan pelanggan, tindakan koreksi & pencegahan, pengembangan perangkat kurikulum, pembagian tugas mengajar, mutasi & cuti studi, evaluasi dua semester awal, skripsi bagi mahasiswa Prodi S1 Akuntansi, tugas akhir bagi mahasiswa Prodi D3 Akuntansi, penilaian beban kinerja dosen, kerjasama, monitoring perkuliahan, kenaikan pangkat dosen, penilaian prestasi kerja dosen, pemeliharaan sarana-prasarana & lingkungan, serta pengelolaan beasiswa dan kegiatan mahasiswa.

Berdekatan dengan pelaksanaan akreditasi tahun lalu, Jurusan Akuntansi telah berkomitmen untuk senantiasa mempertahankan mutu akademik maupun non akademik mahasiswa melalui berbagai program kegiatan yang menunjang prestasi akademik dan non akademik mahasiswa dan dosen.

Jurusan Akuntansi memiliki tim Unit Penjaminan Mutu yang bertugas mengendalikan hal-hal yang berkaitan dengan mutu agar sesuai dengan butir-butir ISO 9001:2008. Jurusan Akuntansi memiliki keunggulan mutu sebagai berikut:

  1. Kurikulum Prodi S1 dan D3 Akuntansi yang secara rutin (setahun sekali) ditinjau agar tetap dapat mengikuti perubahan dan perkembangan keilmuan akuntansi;
  2. Prodi S1 dan D3 Akuntansi memfasilitasi kemajuan skripsi bagi setiap angkatan dan terutama angkatan yang masa studinya hampir habis;
  3. Monitoring perkuliahan dilakukan minimal 2 kali (sebelum UTS dan UAS)

Di masa mendatang, komitmen para pimpinan jurusan yang didukung oleh pimpinan fakultas, dosen, dan mahasiswa terhadap perbaikan mutu secara berkelanjutan. (ip)