Dosen Manajemen Ajak MABA FE Unesa Anti Plagiasi

Surabaya, fe.unesa.ac.id – Diskusi publik menghadirkan sosok dosen muda sebagai pembicara menjadi salah satu pengenalan kehidupan mahasiswa baru (pkkmb) di Ruang Auditorium G2 Lt.2 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Surabaya hari ini (14/08).

Pada hari ketiga pengenalan kehidupan mahasiswa baru itu, Hujjatullah Fazlurrahman, S.E.,M.BA., Dosen Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Surabaya. Hadir memberikan semangat untuk anti plagiasi dan pentingnya menghormati, mengakui, dan memberikan penghargaan karya orang lain. Dihadapan 619 maba, Hujjatullah memberikan penjelasan mengenai anti plagiasi.

Dia mengatakan bahwa sesuai peraturan menteri pendidikan RI No.17 tahun 2010 dikatakan bahwa “Plagiat adalah perbuatan sengaja atau tidak sengaja dalam memperoleh atau mencoba memperoleh kredit atau nilai untuk suatu karya ilmiah, dengan mengutip sebagian atau seluruh karya dan atau karya ilmiah pihak lain yang diakui sebagai karya ilmiahnya, tanpa menyatakan sumber secara tepat dan memadai”.Ujarnya.

Sebab mengapa terjadi plagiarisme. Karena keterbatasan waktu saat menyelesaikan sebuah karya ilmiah yang menjadi beban tanggungjawabnya. Sehingga terdorong untuk melakukan copy paste atas karya orang lain. Selain itu, rendanya minat baca dan minat melakukan analisis terhadap sumber referensi dimiliki, kurang dalam memahami kapan dan bagaimana yang harus lakukan kutipan, dan kurang perhatian dari guru maupun dosen terhadap persoalan plagiarisme. Jelas Dosen Manajemen FE Unesa (sh)