ENTREPRENEURSHIP ITU DITERAPKAN, BUKAN DIPELAJARI

24 Agustus 2014
11:09:48 WIB

Sosiolog David McClelland berpendapat,”Suatu negara bisa menjadi makmur bila ada entrepreneur (pengusaha) sedikitnya 2% dari jumlah penduduknya”. Menjadi pengusaha saja tidak akan mampu membawa kemakmuran bilamana pelaku usaha tidak berjiwa socialpreneur serta tidak menunaikan hak dan kewajibanya baik sebagai warga Negara maupun sebagai makhluq social. Bagaimana dengan Indonesia?ternyata Indonesia hanya memiliki 0,18% dari jumlah penduduk atau 400.000-an orang saja yang menjadi pengusaha. Angka tersebut masih jauh dari angka kemakmuran jika mengacu jumlah entrepreneur (pengusaha) 2 %. Bila dibandingkan dengan negara Singapore, mereka memiliki 7% populasi penduduknya sebagai pengusaha. Sungguh ironis mengingat hal tersebut terjadi di negeri yang kaya akan sumber daya alam.

Untuk menuju angka 2% saat ini pembelajaran mengenai entrepreneurship sedang digalakkan terbukti dengan dimasukkannya kurikulum kewirausahaan diberbagai perguruan tinggi negeri atau swasta. Namun harapan akan tinggal harapan jika tidak disertai dengan atmosfir akademik yang mendukung. Tentu saja memasukkan kedalam kurikulum saja tidak cukup perlu adanya sebuah wadah untuk aplikasi dan perlu diperkenalkan sejak dini.

Berangkat dari hal tersebut sejumlah mahasiswa salah satu perguruan tinggi negeri di Surabaya membentuk komunitas bisnis dengan nama EEBC(Economic Entrepreneur Building Community). Komunitas yang bermarkas di gedung bisnis center Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Surabaya ini berdiri karena kegamangan para mahasiswa melihat banyaknya program tentang kewirausahaan namun belum berjalan secara maksimal. Program tersebut diantaranya PMW (Program Mahasiswa Usaha), PKM-K (Program Kreativitas Mahasiswa-Kewirausahaan), Bussines Plan Conpetition dll. Program tersebut mahasiswa diminta untuk membuat proposal business plan kemudian jika dinyatakan layak dari berbagai aspek akan mendapatkan dana untuk merintis usaha.

Namun masih banyak mahasiswa yang menganggap sebagai program. Alhasil program selesai usaha yang dirintis selesai pula. Nah melihat fenomena ini mahasiswa fakultas ekonomi unesa pegiat wirausaha membentuk komonitas EEBC sebagai wadah untuk sharing bisnis, konsultasi bisnis, dan menampung produk-produk hasil PMW, PKM kemudian bersama-sama memasarkan produk tersebut.

Melalui komunitas kecil ini berharap seluruh mahasiswa yang mempunyai jiwa bisnis bisa andil untuk bergabung bersama dalam komunitas ini mengingat komunitas ini terbuka untuk umum bukan hanya mahasiswa fakultas ekonomi. Dengan begitu mahasiswa benar-benar menerapkan entrepreneur bukan sekedar mempelajari. Selanjutnya mereka akan menjadi mahasiswa yang mandiri dan berdikari berdiri diatas kaki sendiri.

Ahmad Ajib Ridlwan 

-Dosen Ekonomi Syariah Fakultas Ekonomi Unesa
-Staf Bidang Kemahasiswaan Fakultas Ekonomi Unesa
Emai : 
ahmad.el.ayyuby@gmail.com
ekonomi_unesa@yahoo.com

 

Artikel Terkait
Share



6341 Komentar

    obat paru paru berair 10 Juni 2016

    berita yang anda sajikan menarik sekali https://goo.gl/syXmYX

    cara cepat menurunkan sel darah putih 10 Juni 2016

    berita yang anda sajikan bagus sekali dan sangat menarik http://goo.gl/O0J6Ks

    cara cepat menurunkan sel darah putih 09 Juni 2016

    terima kasih banyak atas informasinya http://goo.gl/O0J6Ks

    maag fungsional dan maag organik 09 Juni 2016

    terima kasih banyak atas berita yang anda sajikan. selamat menunaikan ibadah puasa bagi seluruh umat muslim :) http://goo.gl/lztfEc

    cara cepat menurunkan sel darah putih 08 Juni 2016

    berita yang anda sajikan bagus bagus dan manarik sekali http://goo.gl/O0J6Ks

    obat gejala penyakit tumor jinak 13 Februari 2016

    terimakasih atas informasinya http://goo.gl/VVhZvA

    obat mengobati gejala penyakit tumor jinak 15 Februari 2016

    terimakasih atas informasinya http://goo.gl/3u33aZ http://goo.gl/VVhZvA

    obat tradisional asam lambung mujarab 16 Februari 2016

    trimakasih atas informasinya http://goo.gl/vRRjR3

    obat gejala penyakit varikokel 17 Februari 2016

    terimakasih atas informasinya http://goo.gl/kmPwgw http://goo.gl/klZKns http://goo.gl/VVhZvA

    obat tradisional penyakit usus buntu 18 Februari 2016

    terimakasih informasinya http://goo.gl/VaGTsy

    Awal 123... 635

Form Komentar

Agenda Fakultas








Pengumuman







Artikel Terpopuler

Sosiolog David McClelland berpendapat,”Suatu negara bisa

Info Kampus Terpopuler

Dalam rangka pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata Universitas Negeri
Dalam rangka menumbuh kembangkan potensi yang dimiliki mahasiswa